Welcome to A-Yunanto's Site where you can get a lot of informations about health and medicine. You can buy many e-books here, you can take journals from free online medical journals and also order medical book from online bookstores. You can also order CD, DVD, handphone, house, books, or novels here. And for your hobbies, just download several songs, lyrics, MP3, games, and etc. So,just enjoy it!^_^ HaveANiceDay

Wednesday, April 1, 2009

Pantangan Makan Penderita Maag

Gastritis atau lebih lazim kita menyebutnya sebagai penyakit maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas dan bila tidak ditangani dengan baik dapat juga berakibat fatal. Biasanya penyakit maag terjadi pada orang-orang yang mempunyai pola makan tidak teratur, suka makanan yang asam, merangsang produksi asam lambung, atau makanan/obat-obatan yang bisa mengiritasi lambung. Beberapa infeksi mikroorganisme juga dapat menyebabkan terjadinya maag. Bagaimana gejalanya? Apa saja penyebabnya? Dan makanan seperti apa yang musti dihindari? Mari kita bahas satu persatu...

Gejala-gejala sakit maag selain nyeri di daerah ulu hati adalah mual, muntah, lemas, kembung dan terasa sesak, nafsu makan menurun, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, pusing, atau selalu bersendawa. Dan pada kondisi yang lebih parah, bisa muntah darah.

Penyebab asam lambung tinggi? Antara lain :

- Aktivitas padat sehingga telat makan

- Stress yang tinggi, yang berimbas pada produksi asam lambung berlebih

- Makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, seperti makanan dan minuman dengan rasa asam, pedas, kecut, berkafein tinggi, mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan.


Tapi penyakit maag bukan semata-mata soal asam lambung tinggi dan buffer bermasalah. Ada beberapa faktor lain yang membuat buffer melemah antara lain infeksi kuman (e-colli, salmonella atau virus), pengaruh obat-obatan, dan konsumsi alkohol berlebih.

Ini dia pantangan bagi penderita sakit maag :

*Hindari makanan yang banyak mengandung gas
seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda


*Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung
seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus

*Hindari makanan yg sulit dicerna
yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju

*Hindari makanan yg merusak dinding lambung
seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang

*Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah
seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

*Hindari beberapa sumber karbohidrat
seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol


Bagi yang mempunyai penyakit maag dan sedang kambuh, pertolongan pertama adalah dengan mengkonsumsi obat maag yang banyak tersedia di toko-toko. Kedua ke dokter, dokter juga akan memberikan obat yg mengurangi produksi asam lambung dan obat pelindung buffer. Ketiga, jika kurang manjur dokter akan menggunakan sediaan injeksi untuk mendapatkan khasiat yang lebih baik dan cepat. Jika masih juga bermasalah, bukan tidak mungkin akan dilakukan tindakan invasif ringan misalnya endoskopi untuk melihat kondisi lambung melalui kamera. Akhir dari semua tindakan itu adalah pembedahan besar untuk mencegah asam lambung merusak usus atau organ tubuh lainnya. Jika tak teratasi juga, dengan penuh penyesalan, yang terucap adalah "Selamat Jalan Sobat.." So... jangan anggap remeh penyakit ini, Okeh....
Semoga bermanfaat

21 comments:

B said...

Om... kalau bisa jgn hanya Pantangan.. Solusi?? misal makanan apa saja yang bisa/aman di konsumsi..

Tq

u_dien said...

dr,ay

klo mngkonsunsi ranitidin kseringan

apa dampknya????lalu makanan apa aj yg di anjurkan bagi penderita asam lambung???,,,,tQ before

inya281marina said...

semua makanan, jd pantangan..trus penderita maag makan apa jdnya...

- Me - said...

banayka amat pantangannye... :((
:(( ga bisa makan coklat....

puspasari said...

saya termasuk penderita maag

kalo stress barat biasanya kambuh

pernah sampai kena infeksi saluran cerna karena asam lambungnya "kata dokter" sampai kena usus...

sekarang obat2 an seperti yang dijual di pasaran udah ga mempan..

kalo kambuh saya harus beli resep...

:)

yah.. semoga ini bisa buat pelajaran buat yang maag nya belum separah saya...

saya ini baru 21 th... sudah begini..

:)

septyandika said...

trus makananyang disarankan apan donk.....

Laura Khalida said...

Iya makanan yg boleh apa dong? Kasih solusi biar kita penderita maag bisa menerapkan dan memadukan menu

abdul said...
This comment has been removed by the author.
abdul said...

coba propolis deh, mudah2an ada khasiatnya... soalnya temanku di kantor ada yang kena maag akut sampai2 kalo penyakitnya kambuh dia gak bisa ngapa2in, termasuk memberikan asi kepada bayinya soalnya dia juga baru saja habis melahirkan. menurutnya, sejak konsumsi propolis kondisinya sudah lebih baik sekarang.

gusti said...

salam knal.saya sering skit d lambung.apa bnar hal ini d sebbkn oleh asm lambung or magg.karna sakitny smpai k pinggang dan buah zakar sprti ketarik.mohon tips obat dan pencegahnya...trims by gusti

gusti said...

salam knal dok.saya sdng menderita sakit d lambung bila skit mnjalar ke pinggang dan buah zakar sprti ketarik..apa bnar ini krna maag or asam lambung???dan mohon apa obt dan pncegahannya?trims by gusti sumsel...

ida nursanti said...

dok nanya, saya hamil 3bln dan mengidap maag dari mulai usia kehamilan blm ada 1bln, karena saya dak ada nafsu makan.kira2 makanan apa yang harus saya konsumsi mengingat saya sedang hamil.trims

Maria Artanti said...

Jadi untuk penderita magg baiknya makan apa ya?

mas said...

dokter pancen gawean'e meden-medeni pasien'e wae, mbok yo sekali ngasih support or solusi sederhana tapi tepat sasaran npa..:(

User said...

Thx postingan'y mas broh!! :D

Ijin share jg .. :)

Merisa said...

dr. ay

obat maag yg cocok utk saya yg berusia 23 th, apa dok?

saya tlh mencoba milanta tp tdk ada perubahan jg...

Merisa said...

dr. ay

obat maag yg cocok utk saya yg berusia 23 th, apa dok?

saya sdh mencoba milanta ttp tdk ada perubahan jg..
saya sdh maag dr sejak bersekolah dasar.

ty

Setyo Hendro Lesmono said...

Banyak juga pantangannya Dok! Wuuh sedihnya, dah ngorbanin gak makan soto & sayur lodeh, juga coklat :(
Kalo gado2, somay dan nasi pecel gimana Dok, masih boleh gak yah?!

Margarita said...
This comment has been removed by the author.
Margarita said...

wah awal2 bulan gue baru kambuh maagnya nih, bahkan yang tadinya taraf ringan langsung turun drastis jadi akut (gastritis accuta). waktu itu dalam 24 jam gue sampe 5x ke dokter, dengan 4 dokter yang beda, bahkan sampe masuk UGD. buat yang visit ke blog ini, gue cuma mau bilang dijaga baik2, jangan sampe maagnya makin parah. bukti nyatanya gue, dari maag akut itu gue kena GBS (guillain barre syndrome) penyakit yang nyerang syaraf dari imunnya kita sendiri karna adanya infeksi (salah satunya ya dari maag ini) yang sampe skarang masih proses pemulihan. padahal kalo dari faktor usia gue masih terbilang muda, 20 tahun, makanya gue cuti kuliah segala. untuk yang maagnya udah kronis, menurut gue Inpepsa atau Ulsicral (obat sirup dengan resep) paling mempan tuh. jangan sampe ada yang bluding kaya sodara gue, bertahun2 makannya harus ekstraaaa kontrol. dijaga aja yang masih punya lambung sehat, lagian makanin makanan enak loh hahah.

cemal cemil said...

kalo bisa solusi atau pencegahan y yg lengkap n komplit aja deh omm. .