Welcome to A-Yunanto's Site where you can get a lot of informations about health and medicine. You can buy many e-books here, you can take journals from free online medical journals and also order medical book from online bookstores. You can also order CD, DVD, handphone, house, books, or novels here. And for your hobbies, just download several songs, lyrics, MP3, games, and etc. So,just enjoy it!^_^ HaveANiceDay

Wednesday, March 18, 2009

Bayi pun Ingin Dipijat...

taken from Global Awal Bros Hospital and ibudananak.com

Pijat bayi merupakan tradisi yang sudah dikenal sejak lama. Pijat adalah terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan yang paling populer. Melalui sentuhan pemijatan terhadap jaringan otot, peredaran darah dapat semakin lancar, posisi otot dapat dipulihkan dan diperbaiki sehingga dapat meningkatkan fungsi-fungsi organ tubuh dengan sebaik-baiknya.

Manfaat pijat bayi antara lain adalah: 1. meningkatkan berat badan, 2. meningkatkan pertumbuhan, 3. meningkatkan daya tahan tubuh, 4. meningkatkan konsentrasi bayi dan membuat bayi tidur lebih lelap, 5. membina ikatan kasih sayang orang tua dan anak.
Pijat bayi dapat segera dimulai setelah bayi dilahirkan, sesuai keinginan orang tua. Dengan lebih cepat mengawali pemijatan, bayi akan mendapat keuntungan yang lebih besar.


Adapun persiapan yang dilakukan sebelum memijat adalah: 1. tangan bersih dan
hangat, 2. kuku pendek dan perhiasan dilepas, 3. ruangan hangat dan tidak pengap, 4. bayi sudah selesai makan/tidak lapar, 5. duduk pada posisi nyaman dan tenang, 6. baringkan bayi pada permukaan yang rata, lembut, dan bersih, 7. siapkan perlengkapan bayi, 8. komunikasi dengan bayi.

Kemudian ada juga hal-hal yang dilakukan selama pemijatan dilakukan, yakni: 1. memandang bayi, 2. bernyanyilah dan putarkan lagu-lagu yang tenang dan lembut, 3. awalilah dengan sentuhan ringan, tambahkan secara bertahap-tahap khusus bila bayi sudah terbiasa, 4. lumurkan baby oil/lotion sesering mungkin, 5. sebaiknya dimulai dari kaki, 6. tanggap dengan isyarat yang diberikan bayi, 7. madikan bayi segera setelah pemijatan berakhir atau seka dengan air hangat.

Adapun cara melakukan pijat bayi adalah:


* Pijat kaki
Mulailah dengan memegang kaki bayi pada pangkal paha seperti cara memegang pemukul softball. Gerakkan tangan ke bawah secara bergantian seperti memerah susu dan putar. Pegang pangkal paha dengan tangan secara bersamaan memeras dan memutar kaki bayi dengan lembut dari pangkal paha ke arah mata kaki. Kemudian, telapak kaki diurut dengan dua ibu jari secara bergantian mulai dari tumit ke seluruh telapak kaki. Pijat jari kaki satu-persatu dengan memutar menjauhi telapak, diakhiri tarikan lembut di tiap ujung jari. Lalu, peras dan putar pergelangan kaki dengan ibu jari dan jari lain. Usap kaki bayi dengan tekanan lembut dari pangkal paha hingga akhir.
* Perut bayi
Pijat perut bayi dari atas ke bawah seperti gerakan mengayuh sepeda. Pijat perut mulai bagian kiri atas ke bawah dengan jari-jari tangan membentuk huruf I lalu L terbalik.


* Pijat dada
Buat gerakan ke atas sampai dengan bawah leher lalu ke samping kiri-kanan di atas tulang selangka membentuk gambar jantung lalu kembali ke ulu hati. Gerakan diagonal di dada (huruf X) dari kiri ke kanan.

* Pijat lengan bayi
Peras dan putar dengan kedua tangan dengan lembut mulai dari pundak ke pergelangan tangan. Pijat telapak tangan dengan ibu jari mulai telapak hingga jari-jari. Usap punggung tangan dari arah pergelangan ke jari-jari dengan lembut. Peras sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.

* Pijat muka
Letakkan ibu jari diantara alis mata si bayi. Pijat dengan ibu jari secara lembut pada alis dan di atas kelopak mata. Pijat dari pertengahan alis turun ke bawah melalui samping lipatan hidung.

* Pijat punggung
Tengkurapkan melintang. Pijat punggung dengan gerakan maju mundur sepanjang punggung mulai dari pantat hingga leher. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari mulai batas punggung sampai dengan pantat

Ada juga tehnik pijat bayi yang lain, seperti:


1. Dada
Telapak tangan terbuka pada tengah dada bayi, geser diagonal ke kanan atas, kemudian kembali ke tengah, ke kiri atas, kembali ke tengah. Kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, kembali ke tengah.

2. Paha dan betis
Pegang kedua pada bayi dengan kedua tangan kita. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan sama.

3. Kaki
Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari. Remas2 jari satu persatu. Pijat punggung kaki dari mata kaki sampai ke jari.

4. Wajah
Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, tengah menuju samping kanan

5. Perut
Pake 2 atau 3 jari, membentuk path I L U dari arah bayi. Kalo dari posisi kita jadi ULI kebalik: 1. Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I) 2. Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L) 3. Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi

6. Tangan
Urut dari pangkal lengan turun ke tangan, balik dari tangan ke pangkal lengan.



Apapun tehnik pijat bayi yang Anda pilih, semuanya harus dilakukan dengan gently, rutin dan penuh kasih sayang, tentu Anda senang bukan memiliki bayi yang sehat, gemuk dan tidak mudah rewel...^_^ Selamat mencoba

2 comments:

Vicky Laurentina said...

Masih belum ngerti.. Bagaimana korelasi pijat bayi dengan peningkatan berat badan tadi?

dr.Ay said...

Hai Vicky, salam kenal..^_^
Benar sekali, pijat bayi yang benar dapat meningkatkan berat badan sang bayi.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan memijat bayi prematur dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangannya. Berdasarkan sebuah studi, bayi prematur yang dipijat 3 kali sehari secara rutin selama 10 hari meningkat berat badannya hampir 50%, menjadi lebih aktif dan awas serta dapat pulang dari rumah sakit 6 hari lebih awal dibandingkan bayi prematur yang lainnya.

Penelitian kedokteran lainnya menunjukkan bayi yang dipijat akan mengalami peningkatan tonus nervus vagus (saraf otak ke-10). Ini menyebabkan peningkatan kadar enzim-enzim penyerapan yaitu gastrin dan insulin sehingga penyerapan makanan jadi lebih baik. Dengan sendirinya, penyerapan makanan yang lebih baik ini akan membuat bayi cepat lapar sehingga lebih sering menyusu. Akibatnya, produksi ASI akan lebih banyak.

Kemudian ada juga penelitian yang dilakukan oleh T. Field & Scafidi dari Universitas Miami, AS pada 1990-an akhir menunjukkan bahwa 20 bayi prematur mengalami kenaikan berat badan 20 –47% per hari setelah dipijat 3 x 15 menit selama 10 hari. Bayi cukup bulan usia 1 – 3 bulan yang dipijat 15 menit dua kali seminggu selama enam minggu mengalami kenaikan berat badan lebih tinggi dari kelompok bayi yang tidak dipijat.

Pengamatan T. Field seperti yang dikutip dr. J. David Hull, ahli virologi molekuler dari Inggris, dalam makalah berjudul Touch Therapy: Science Confirms Instinct, menyebutkan terapi pijat 30 menit per hari bisa mengurangi depresi dan kecemasan. Tidur bayi pun bertambah tenang.

Terapi pijat 15 menit selama enam minggu pada bayi usia 1 –3 bulan juga meningkatkan kesiagaan (alertness) dan tangisnya berkurang. Ini akan diikuti dengan peningkatan berat badan, perbaikan kondisi psikis, berkurangnya kadar hormon stres dan bertambahnya kadar serotonin.

Meningkatnya aktivitas neurotransmitter serotonin ini akan meningkatkan kapasitas sel reseptor yang mengikat glucocorticoid (adrenalin). Proses ini menyebabkan terjadinya penurunan kadar hormon adrenalin (hormon stres), dan selanjutnya akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat pijat antara lain melancarkan sirkulasi darah si kecil. Melancarkan pembagian oksigen ke seluruh tubuh. Menjadikan nutrisi yang masuk bisa langsung terserap dan dimanfaatkan bayi sehingga metabolisme tubuh lebih baik. Meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Mengatasi gangguan tidur dan membuat si kecil tidur dengan tenang. Membuat pertumbuhan dan perkembangan tubuh si kecil berjalan optimal.

Trmksh